Senin, 05 September 2022

Pelajaran 2 "Iman Kepada Hari Akhir" kelas 6 SD/MI

Iman Kepada Hari Akhir

Rukun iman merupakan hal yang wajib kita ketahuidan diamalkan. Rukun Iman yang ke 5 adalah Iman Kepada Hari Akhir.

Tanda-tanda Hari Akhir

Tidak ada satupun makhluk di dunia ini yang mengetahui kapan terjadinya hari akhir atau kiamat. Meskipun demikian Allah memberitahukan kepada manusia tanda-tanda akan terjadinya hari akhir, diantara tanda-tanda tersebut antara lain:

1. Tanda-tanda Kecil (Kiamat Sugra)

Dalam agama Islam kiamat dibagi menjadi dua, yaitu tanda-tanda kiamat kecil (Kiamat Sugra) dan tanda-tanda kiamat besar (Kiamat Kubra). Tanda-tanda kiamat kecil yaitu tanda yang mendahului kiamat dalam kurun waktu yang lama dan merupakan sesuatu yang dianggap biasa. Tanda-tanda kiamat kecil sangat banyak, bahkan tanda-tanda itu bisa dijumpai di kehidupan kita saat ini. Beberapa tanda-tanda tersebut sudah ada sejak

zaman para Nabi Muhammad saw dan para sahabatnya. Adapun tanda-tanda kecil hari akhir di antaranya:.

a. Turunnya hujan besar secara terus-menerus sehingga menyebabkan terjadinya banjir atau tanah longsor.

b. Gunung berapi mengeluarkan asap.

c. Munculnya berbagai fitnah.

d. Munculnya orang-orang yang mengaku nabi. e. Banyak hujan tetapi sedikit tanaman.

f. Banyaknya kebohongan dan kesaksian palsu.

g. Riba merajalela.

Adapun manfaat atau faedah yang didapatkan dari mempercayai tanda-tanda kiamat kecil adalah;

a. Kita tidak terjerumus pada kelompok yang tidak percaya dengan adanya hari akhir yang tidak mau mengambil pelajaran dari setiap kejadian.

b. Agar seorang mukmin semakin waspada.

c. Tidak terjebak tipu daya setan yang merupakan musuh nyata bagi Islam dan musuh bagi diri sendiri.

2. Tanda-tanda Besar (Kiamat Kubra)

Tanda-tanda besar akan terjadinya kiamat merupakan tanda yang menunjukkan bahwa hari akhir atau kehancuran alam semesta berserta isinya akan terjadi. Adapun tanda-tanda besar akan terjadinya hari akhir tersebut antara lain:

a. Matahari terbit dari arah barat Matahari secara normal akan terbit setiap harinya dari sebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Akan tetapi jika terjadi sebaliknya, maka hal tersebut sebagai tanda akan terjadinya kiamat atau kehancuran alam semesta.

b. Munculnya Dajjal Dajjal adalah seorang manusia yang mengaku dirinya sebagai tuhan dan berusaha mengobarkan fitnah di antara manusia agar mereka meninggalkan agamanya.

c. Ya'juj dan Ma'juj

Ya'juj dan Ma'jud merupakan keturunan Nabi Adam a.s. Ya'juj dan Ma'juj akan mati dengan ulat yang menyerang pada leher-leher mereka, melalui doa nabi Isa a.s. dan para sahabatnya.

d. Longsor yang menenggelamkan ke dalam bumi Longsor yang menenggelamkan ke dalam bumi akan terjadi menyeluruh di belahan bumi bagian timur, barat dan Jazirah Arab.

e. Asap Munculnya asap akan terjadi menjelang hari kiamat. Sebagaimana firman Allah;

فَارۡتَقِبۡ يَوۡمَ تَاۡتِى السَّمَآءُ بِدُخَانٍ مُّبِيۡنٍۙ

Artinya: Maka tunggulah pada hari ketika langit membawa kabut yang tampak jelas(Q.S. ad-Dukhan/44:10).

f. Binatang yang keluar dari perut bumi

Binatang tersebut keluar dari tanah haram "Makkah" dan binatang tersebut akan memberikan tanda kepada orang yang beriman dengan memberikan tanda kepada wajah mereka sehinga menjadi bersinar dan memberikan tanda orang kafir pada hidung sebagai tanda kekufuran.

C. Nama-nama Hari Akhir

Hari akhir merupakan salah satu nama bagi peristiwa kehancuran menyeluruh pada alam semesta beserta isinya yang sangat menggemparkan. Nama lain dari hari akhir yang akan dilalui oleh manusia setelah kehidupan di dunia antara lain:

1. Yaumul Ba'as

Yaitu hari manusia dibangkitkan dari alam barzah. Ketika Allah SWT memerintahkan malaikat Israfil untuk meniup sangkakala, manusia yang sudah berabad-abad menjadi tulang-belulang di dalam kubur, dengan kekuasaan Allah SWT, hidup kembali untuk menerima balasan amal perbuatannya sewaktu di dunia.

2. Yaumul Mahsyar

Yaitu hari berkumpul. Dimana manusia akan dikumpulkan pada tempat yang luas menunggu pengadilan dari Allah SWT.

3. Yaumul Hisab

Yaitu hari perhitungan amal manusia. Pada hari itu manusia tidak bisa berdusta atas amal perbuatan yang pernah dilkukan di dunia, karena mulut akan dikunci, yang bersaksi adalah anggota tubuh. Sebagaimana firman Allah SWT

4. Yaumul Mizan

Yaitu hari penimbangan seluruh amal manusia selama di dunia. Mereka harus dapat mempertanggungjawabkan semua perbuatannya yang pernah dilakukan oleh anggota tubuh (tangan dan kaki)

5. Yaumul Jaza'
Yaitu hari pembalasan, dimana manusia akan menerima balasan yang setimpal dengan amal perbuatannya.

6. Yaumud Din
Yaitu hari pembalasan, yaitu hari yang Allah SWT melakukan pembalasan dengan seadil adilnya terhadap para hamba-Nya, yang baik dibalas dengan kebaikan (surga) dan buruk dibalas dengan siksa (neraka).