Kamis, 04 Maret 2021

Materi Pendidikan Agama Islam kelas 3 Bab 9 - Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar

Allah Maha Mengetahui dan Maha Mendengar

Sebagai seorang muslim, mengetahui 99 nama-nama Allah merupakan sebuah keharusan. sejumlah 99 nam Allah tersebut menujukan bukti, serta melambangkanjika hanya Allah lahtempat untuk meminta, serta hanya Allah tempat untuk kembali. dengan membaca dan memahami tentu kita semua bisa mendapatkan faedah dari bacaan yang kita lafalkan tersebut. Diantara Nama Allah yang baik yaitu al-alim dan as-Sami'.

A. Allah Maha Mengetahui

Allah Maha Mengetahui merupakan arti dari asmaul husna al-Alim, Allahmenyaksikan setiap perbuatan dan ucapan kita, dan semua yang ada di alam semesta ini.

Allah adalah Yang Maha Mengetahui, yang berarti bahwa Dia memiliki pengetahuan yang mencakup segala sesuatu di alam semesta ini. Tidak ada yang tersembunyi dari pengetahuan-Nya. Ini mencakup masa lalu, masa kini, dan masa depan.

saksikan video berikut !

sumber :kanal Youtube Nazhar Farizhi

B. Allah Maha Mendengar

Allah Maha Mendengar merupakan arti dari asmaul Husna as-Sami'. Allah itu as-Sami' artinya Allah Maha Mendengar segala ucapan kita baik secara lisan, berbisik-bisik bahkan suara yang masih di dalam hati kita.

Maka kita harus senantiasa berkata dalam lisan maupun dalam hati yang baik-baik, karena semua perkataan kita adakn dimintai pertanggung jawabannya.

Umat Islam dianjurkan untuk berdoa kepada Allah dan menyampaikan segala kebutuhan, harapan, serta keluh kesah mereka. Keyakinan bahwa Allah Maha Mendengar memberikan ketenangan hati dan keyakinan bahwa setiap doa yang tulus akan didengar oleh-Nya.

Ringkasan materi

  1. Asmaul husna dalah nama-nama Allah yang baik.
  2. Asmaul husna jumlahnya 99 dan hanya allah yang memilikinya.
  3. Al-Alim artinya Allah Maha Mengetahui. bahwa Allah mengetahui segala sesuatu dan mengajarkan kita hal-hal yang tidak kita ketahui.
  4. Untuk meraih kebahagian di dunia dan di akhirat kita membutuhkan ilmu.
  5. Allah mengangkat derajat orang yang beriman dan berilmu.
  6. As-Sami' artinya Allah Maha amendengar, bahwa Allahitu mendengar segala ucapan kita baik secara lahir maupun bathin.
  7. Kita harus selalu berkata baik dan menjaga perkataan kita dari perkataan yang tidak baik.
  8. Allah akan mengabulkan doa bagi hamba yang berdoa dengan sungguh-sungguh