Sabtu, 03 Oktober 2020

Materi Pendidikan Agama Islam Pelajaran 3 kelas 4 SD/MI "A. Jujur dan B. Amanah"

AKU  ANAK  SHOLEH 

amati dan ceritakan gambar berikut!

Assalamu'alaikum

Anak-anak, kalian pasti suka menjadi anak yang baik, jujur, amanah, dan selalu hormat dan patuh kepada orang tua dan gurunya. Tahukan kalian keuntungan menjadi orang baik?Ayo, ikuti pelajaran ini. Insya Allah kalian akan menjadi anak yang baik dan disayang oleh Allah.

A. JUJUR

Bacalah kisah berikut ini!

Si Pengembala kambing yang jujur

Di zaman sekarang sulit rasanya menemukan orang yang memiliki sifat jujur. Meski pun ada, hanya satu banding seribu orang yang bersifat jujur. Dimasa Rasulullah sendiri, hanya segelintir orang yang bersifat jujur. Padahal dengan jujur membuka pintu rizki yang melimpah.

Seperti kisah Abdullah bin Masud seorang yang punya sifat jujur. Abdullah bin masud adalah seorang pengembala kambing. Dia menngembala kambing milik seorang petinggi Quraisy Uqbah bin Muaith. Dari pagi hingga sore dia mengembala.

pada Suatu hari saat menjaga ternaknya, ada dua orang laki-laki paruh baya menghampirinya. Kedua laki-laki itu nampak haus dan kelelahan. Mereka kemudian memberi salam kepada Abdullah bin Masud dan memintanya untuk memerahkan susu kambing tersebut.

akan tetapi, Abdullah bin Masud menolak memberikan susu perah kambing itu kepada kedua orang laki-laki tersebut, kerena bukan miliknya. "kambing-kambing ini bukan milik saya. Saya hanya memeliharanya," katanya yang jujur,

Mendengar jawaban itu, kedua laki-laki tersebut tak memberi bantahan. Walau pun  mereka sangat kehausan, mereka sangat senang mendengar jawaban jujur si pengembala. Kegembiraan ini sangat jelas di wajah kedua orang leaki-laki.

Ternyata kedua orang laki-laki tersebut adalah Rasulullah Saw dan sahabatnya Abu Bakar Ash Shiddiq. Hari itu, keduanya pergi ke pegunungan Makkah untuk menghindari perlakuan kejam kaum Quraisy.

Apakah Kau mempunyai kambing betina yang belum dikawinkan?, "tanya Rasulullah saw. "Ada," jawab Abdullah. Lalu Abdullah mengajak Rasulullah dan sahabatnya melihat seekor kambing betina yng masih muda. Kemudian, kaki kambing itu di ikat, Rasulullah mengusapkan tanganya ke tubuh kambing betina tersebut sambil berdoa kepada Allah SWT.

Saat itulah turun rizki dari Allah. Tiba-tiba saja susu kambing itu mengalir sangat banyak. Abu Bakar segera mengambil sebuah batu cekung yang digunakan untuk menampung air susu hasil perahan.

ketiganya pun meminumnya bersama-sama. Setelah itu Rasulullah saw berkata "kempislah", Seketika susu kambing tersebut menjadi kempis dan tidak mengeluarkan susu lagi. Abdullah bin Mas'ud terkejut dan takjub emnyaksikan hal itu. Sebab kambing tersebut sebelumnya belum pernah mengeluarkan air susu. Tapi di depan matanya saat itu kambing malah mengeluarkan air susu yang banyak dan dinikmati bersama.

itu adalah karunia dari Allah SWT. Muncul kekaguman Abdullah kepada tamunya. Tak lama usai peristiwa itu, Abdullah bin Masud memeluk agama islam dan kelak menjadi penghafal al-Qur'an terbaik.

Sumber : Harian Merdeka.com

B.  AMANAH

amati dan ceritakan gambar berikut!


Pada usia 12 tahun, Nabi Muhammad saw, mulai berdagang ke kota Syam bersama pamanya. Dalam berdagang, beliau selalu bersikap amanah (terpercaya). Barang dagangan yang dititipkan kepadanya dijaga dengan baik,

mengingat sikapnya itu, nabi Muhammad mendapatkan gelar al-Amin, artinya orang yang dapat di percaya.

Keutamaan amanah, antara lain :

  • Jalan menuju kesuksesan
  • merupakan sifat para rasul, para nabi, dan orang-orang mukmin serta malaikat
  • Tanda iman
  • Amanah menandingi dunia dan isinya.
Al-Qur'an membahas amanah dalam dua aspek, yaitu
  1. Amanah yang berhubungan dengan Allah (hablum minallah) berupa perintah (Contohnya : menunaikan Sholat, zakat, Puasa, dan lain-lain) dan larangan Allah (contohnya : berdusta dan berkhianat).
  2. Amanah yang berhubungan dengan sesama manusia (hablum minannas). Contohnya, mencari ilmu, dan menunaikan hak diri sendiri dan orang lain yang ditangungnya. 


0 comments:

Posting Komentar