Senin, 05 Oktober 2020

Materi Pendidikan Agama Islam Pelajaran 3 kelas 4 SD/MI "E. keteladanan Nabi Muhammad saw

 E. keteladanan Nabi Muhammad saw

Nabi Muhammad saw. teladan bagi seluruh umat manusia. Diantara yang bisa diteladani dari Nabi Muhammad adalah perilaku santun dan menghargai sesama.

dalam hidup sehari-hari, Nabi Muhammad saw senantiasa berperilaku santun dan menghargai sesama. Cermati perilaku santun dan menghargai sesama dari Nabi Muhammad saw berikut.

Dikisahkan, setiap kali Nabi Muhammad saw melintas  didepan rumah seorang wanita tua, Nabi selalu diludahi oleh wanitu tua itu, Suatu hari, saat Nabi Muhammad saw melewati rumah wanita tua itu, beliau tidak bertemu dengannya. Karena penasaran,beliau pun bertanya kepada seseorang tentang wanita tua itu, justru orang yang ditanya itu merasa heran, mengapa ia menanyakan  kabar tentang wanita tua yang telah berlaku buruk kepadanya.

Setelah itu Nabi Muhammad saw mendapatkan jawaban bahwa wanita tua yang biasa berbuat buruk kepada nabi Muhammad, ternyata wanita itu sedang sakit. Bukanyanya gembira, justru beliau memutuskan untuk menjenguknya. Wanita tua itu tidak menyangka jika nabi Muhammad mau menjenguknya.

ketika wanita tua itu sadar bahwa manusia yang menjenguknya adalah orang yang selalu diludahinya setiap kali melewati depan rumahnya, wanita tua itu pun menangis di dalam hatinya, "|Duha betapa luhur budi manusia ini. kendati tiap hari aku ludahi, justru dialah orang pertama yang menjengukku."

Degan menitikan air mata haru dan bahagia, wanita itu lantas bertanya, " Wahai Muhammad, mengapa engkau menjengukku, padahal tiap hari aku meludahimu?" Nabi Muhammad saw menjawab, "Aku yakin engaku meludahiku karena engkau belum tahu tentang kebenaranku. Jika engkau telah mengetahuinya, aku yakin engkau tidak akan melakukannya."

Mendegar jawaban bijak dari Nabi Muhammad saw, wanita itu pun menangis dalam hati. Dadanya sesak, tenggorokanya terasa tersekat, lalu, dengan penuh kesadaran, ia berkata, "Wahai Muhammad, Mulai saaat ini aku bersaksi untuk mengikuti agamamu." Lantas wanita tua itu mengikrarkan dua kalimat syahadat, "Aku bersaksi bahwa tiada Tuhan selain Allah dan aku bersaksi bahwa Muhammad adlah utusan Allah.

sebagai muslim, ayo bersama-sama meneladani perilaku santun dan menghargai sesama sebagaimana yang telah dicontohkan Rasulullah saw.


NILAI KARAKTER

Dengan mempelajari dan memahami materi Anak Sholeh, seharusnya kita memiliki sikap sebagai berikuy.

a) Selalu berkata dan berperilaku jujur kapan pun dan dimana pun

b) Membeiasakan diri untuk bersikap amanah

c) Menghormati dan patuh kepada orang tua dan guru

d) selalu bersikap santiun dan menghargai teman dalam bergaul


RANGKUMAN

  1. ciri anak yang baik (anak shaleh) pastinya memiliki sifat antara lain: jujur, amanah, dan selalu menghormati dan patuh kepada orang tua dan gurunya.
  2. sebagai muslim/muslimat, kita harus memiliki sikap jujur, amanah, hormat dan patuh kepada orang tua, sopan dan mengehargai teman
  3. Nabi Muhammad saw, mendapatkan gelar Al-Amin, karena bilau benar-benar bisa dipercaya, dan melaksakan tugas dengan penuh rasa tanggung jawab

0 comments:

Posting Komentar