Kamis, 01 April 2021

Materi Pendidikan Agama Islam Kelas 3 Bab 11- Zikir dan Doa setelah solat

Zikir dan Doa setelah solat

Kenapa kita harus mendekatkan diri kepada Allah SWT, karena semakin dekat dengan Allah nanti kita semakin tenang. Mendekatkan diri kepada Allah SWT dilakukan dengan berzikir dan berdo'a sebagai bentuk berserah diri kepada Allah SWT. Berzikir dan berdoa dapat dilakukan setiap saat. Akan tetapi terdapat waktu utama dalam melakukannya, yaitu setelah kita selesai melaksanakan sholat fardu dan sunah. untuk itu setelah kita selesai melaksanakan sholat biasakan berzikir dan berdoa.



A. Arti zikir dan Do'a

1. Arti zikir

Zikir menurut bahasa artinya mengingat atau menyebut. Secara istilah Zikir berarti mengingat Allah SWT untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. dengan cara membaca kalimat-kalimat Tayyibah seperti tahlil, tahmid, tasbih, takbir dan lain-lain.

berikut ini perintah berzikir, Allah berfirman di dalam Al-Qur'an :


Yaa ai-yuhaal-ladziina aamanuuudz-kuruullaha dzikran katsiiran;

Artinya:
Wahai orang-orang yang beriman! Ingatlah kepada Allah, dengan mengingat (nama-Nya) sebanyak-banyaknya, -QS. Al Ahzab [33]: 41

2. Arti Do'a

Do'a artinya permohonan. Do'a merupakan permohonan hamba kepada Tuhannya yaitu kepada Allah SWT dengan harapan apa yang dikehendaki akan terkabul. Berd'a hanya kepada Allah SWT dan diucapkan dengan kalimat yang baik.




3. Macam-macam Zikir

Zikir mencerminkan perilaku manusia yang beriman, karena dengan berzikir seluruh getaran hidup yang digerakan oleh Hati kita tertuju kepada Allah SWT. Berzikir dapat dilakukan dengan berbagai cara dan dalam keadaan apapun, kecuali ditempat yang tidak sesuai dengan kesucian Allah SWT.
Ada beberapa macam dan cara berxikir diantaranya sebagai berikut:

a. Zikir dengan Hati

Bagaimana cara berzikir dengan hati?
Memikirkan ciptaan Allah sehingga timbul didalam pikiran kita bahwa Allah, Tuhan Yang Maha Kuasa.

b. Zikir dengan lisan

Bagaimana cara berzikir dengan lisan?
Banyak mengucapkan kalimat-kalimat yang didalamnyamengandung tasbih, (subhananllah), Tahmid (alhamdulillah), Takbir (Allahu akbar), Tahlil (la ilaha illallah).

c. Zikir dengan perbuatan

Bagaimana cara berzikir dengan perbuatan?
Belajar sungguh-sungguh, berdo'a, sholat, dan sedekah merupakan beberapa cara berzikir dengan perbuatan.



0 comments:

Posting Komentar